Areal Lapangan Asrama Kebun Lada Binjai Terduga Akan Dikelolah, Surat Aslog Kodam I/BB Tebang Pilih Disinyalir Adanya Kepentingan

  • Whatsapp

Binjai, Cakra86.com -Asisten Logistik Kodam I/BB Kolonel Inf Anri Andriana, S.I.P mengeluarkan surat pemberitahuan agar kios pedagang yang ada di lapangan asrama kebun lada binjai segera dikosongkan sesuai dengan Nomor:B/1238/V/2021 dan diterbitkan pada Tanggal 10 Mei 2021 yang dikeluarkan pada Tanggal 10 Mei 2021 kemarin.

Namun demikian, surat edaran pemberitahuan kepada sejumlah pedagang tersebut terkesan tebang pilih dan terduga adanya kepentingan lain dengan mengorbankan para pedagang kecil.

Dari pantauan Cakra86.com kalau sejumlah kios yang ada di pinggiran Jalan Tengku Amir Hamzah Binjai Utara bukan bangunan bentuk permanen dan tidak terletak di lapangan asrama kebun lada, namun dipinggir jalan yang tak jauh dari perbatasan trotoar.

Informasi dan keterangan yang diperoleh dari para pedagang yang menerima surat dari Logistik Kodam I/BB menyebutkan kalau terbitnya surat pengosongan kios di lapangan Asrama  kebun lada kota Binjai itu terduga adanya rencana pembangunan proyek bentuk bisnis usaha yang dikelolah oleh pihak pengembang.

Sedangkan anggota Staf Aslok Kodam I/BB hanya memberikan surat pemberitahuan pengosongan kios di di areal lapangan Asrama  kebun lada kota Binjai kepada pedagang-pedagang khusus yang berada di Jalan Tengku Amir Hamzah Binjai Utara.

Padahal, dilokasi areal lapangan Asrama  kebun lada kota Binjai di Jalan Printis Kemerdekaan Binjai Utara persisnya di depan kantor Koramil 16 juga terdapat puluhan pedagang lainya dan juga lahan parkir yang dikelolah Oknum sipil, namun tidak menerima surat untuk pengosongan kios di lapangan Asrama  kebun lada kota Binjai.

Padahal para pedagang didepan pinggiran lapangan Askela Kebun Lada yang berada diJalan Tengku Amir Hamzah itu tersebut merupakan Warga penghuni Asrama Kebun lada Binjai yang sekedar berusaha dagangan kecil untuk mencari nafkah memenuhi kebutuhan keluarga.

Sementara itu, keterangan yang diperoleh Cakra86.com kalau keberadaan sejumlah para pedagang tersebut yang selama ini menjalankan usaha berjualan sebelumnya berdasarkan petunjuk dan arahan Mantan Komandan Koramil 16 Alm Letu Manihuruk.

Dengan keberada para pedagang di pinggiran lapangan Asrama Kebun lada dapat menjaga aset milik TNI-AD sekaligus menjaga keamanan dan kebersihan serta ketertiban.

Adanya tudingan terbitnya surat pemberitahuan agar kios pedagang yang ada di lapangan asrama kebun lada binjai tebang pilih dan terduga adanya kepentingan, bahwa sebelumnya beberapa pekan lalu Pabandya Logistik Kodam I/BB Letkol Sutrisno  yang didampingi Mayor Joko S bersama anggota belum lama ini mengadakan pertemuan dengan pengusaha inisial Jimy.

Jimy selaku pihak pengembang proyek yang hadir secara terang-terangan diperkenalkan oleh Pabandya Logistik Kodam I/BB Letkol Sutrisno  di hadapan masyarakat pedagang dan disaksikan sejumlah anggota FKPPI Binjai akan berencana membangun proyek bangunan kios di sekeliling lapangan asrama kebun lada.

Bahkan dalam kesempata pertemuan itu juga, Letkol Sutrisno   secara terang-terangan membicarakan rencana pembangunan untuk usaha bisnis akan membangun usaha yang dikelolah oleh pengusaha Jimy.

Terkait dengan keberadaan warga penghuni asrama kebun lada berjualan di pinggiran areal lapangan asrama, keterangan yang diperoleh sumber Cakra86.com Selasa (18/05/2021) menyebutkan ,”Berawal kami mengelar dagangan di pinggiran trotoar Jalan T A Hamzah ini, namun Mantan Komandan Koramil 16 Bapak Almarhum Letu Manihuruk membuat kebijakan dan mengarahkan kami untuk sedikit masuk kedalam agar tidak menganggu ruas jalan,” terang Sumber.

“Bapak  Alm Manihuruk juga membuat kebijakan lisan itu pada Kami kalau anak-anak purawirawan disini boleh berjualan asal tetap menjaga ketertiban dan ketentraman dan keamanan serta bisa menjaga aset milik TNI AD Kodam I/BB, namun apa bila lahan tersebut diperlukan untuk kepentingan TNI AD, para pedagang harus mencari solusi dan rela untuk mencari lahan di tempat lain,” Katanya.

Kami selama berjualan di Jalan T A Hamzah dipinggiran Askela kebun lada ini sama sekali tidak ada kutipan apapun, namun pedagang yang berada di jalan Printis kemerdekaan persisnya di depan Kantor Koramil 16 terkabar setiap harinya mendapat kutipan yang dilakukan oleh seorang Warga sipil berinisial Anto atas suruhan Oknum tertentu.

Namun hanya Kami yang berdagang di pinggiran jalan T A Hamzah ini mendapat surat pemberitahuan pengosongan kios di lapangan Asrama  kebun lada kota Binjai, sedangkan para pedagang yang berada di pinggiran Jalan Printis Kemerdekaan dalam pengakuan mereka tidak menerima surat seperti yang Kami terima.

Kalau memang lokasi ini akan digunakan atau dimanfaatkan untuk kepentingan TNI AD Kodam I/BB, ya kami harus menerima petunjuk arahan dari Aslok Kodam I/BB, namun janganlah surat itu ditujukan kepada Kami pedagang yang tidak membayar upeti siluman itu, dan surat tersebut harus merata secara keseluruhan buat pedagang yang tidak memiliki ijin secarah sah.

Ironisnya lagi, lanjut sumber ,”surat prihal pemberitahuan pengosongan kios di lapangan Asrama  kebun lada kota Binjai yang disampaikan oleh Aslok Kodam I/BB dengan memberi waktu singkat dalam waktu 1 minggu harus mengosongkan lokasi, dan apakah Bapak Aslok tidak berfikir nasib Kami ? dan mengapa tidak memberikan penjelasan sosialisasi kepada pedagang atau menepatkan kami akan berjualan ditempat yang layak.

Sementara Bapak Presiden Jokowi dengan paca Pandemi Covid 19 ini sangat prihatin dengan para pedagang yang konon malah memberikan bantuan anggaran untuk menyokong perekonomian rakyat, kok pihak Logistik Kodam I/BB  akan mengusur pedagang kecil yang selama ini bergantung berjualan mencari nafka keluarga yang sekedar hanya menyambung hidup keseharian.

Tindakan tegas Bapak Aslog Kolonel Inf Anri Andriana, S.I.P ini tentunya perlu perhatian buat Bapak Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin.SIP,MM soal rencana kerja Bapak Kapendam, sebab tindakan tanpa solusi tentunya dapat mematikan kehidupan orang yang bergantung dengan usaha dagangan selama ini,” Ungkap Sumber.

Adanya tindakan tegas beredaranya surat surat pemberitahuan agar kios pedagang yang ada di lapangan asrama kebun lada binjai segera dikosongkan, Kru Cakra86.com mencoba Konfirmasi kepada Aslog Kodam I/BB melalui Kasi Media Online Mayor Masniar lewat WA telepon selulernya dengan singkat  mengatakan ,”Oh nanti kita cek dulu ya Pak,” Kata Mayor Masniar, namun hingga berita ini diterbitkan Mayor Masniar tidak memberikan jawaban. (Red/Den)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *